Rambut Rontok dan Apa Penyebabnya

Rambut adalah sebuah mahkota bagi setiap orang terutama seorang wanita, dengan rambut setiap orang akan tampil sempurna apalagi dibuat dengan tatanan rambut yang bagus dan stylist. Rambut bisa berdampak baik jika dilakukan dengan perawatan yang baik dan sehat, akan tetapi rambut juga akan menjadi tidak sehat apabila tidak dilakukan perawatan dengan perlakuan yang baik terhadap rambut.

Hal - hal yang dapat berdampak buruk terhadap rambut adalah terjadinya kerontokan rambut yang akan mengakibatkan kebotakan. Penyebab kerontokan rambut (Alopecia) dapat memberikan pengaruh buruk kepada kulit kepala maupun tubuh kita.

Faktor - faktor yang mempengaruhi kerontokan rambut yang bisa berakibat kebotakan diantaranya:
1. Pola perawatan rambut yang tidak teratur dan kurang bersih.
2. Menggunakan Shampo yang tidak sesuai.
3. Stres yang dialami.
Rambut Rontok dan Apa Penyebabnya

Kebotakan rambut biasanya diakibatkan pada rontoknya rambut secara berlebihan. diantara orang biasanya ada yang kurang peduli terhadap kesehatan rambutnya, sehingga cenderung membiarkan rambut rontok dengan sendirinya, adapula yang lain berusaha dengan cara menutupi rambutnya agar tidak terkena sinar matahari langsung dengan topi, gaya rambut maupun makeup, dll. tidak sedikit orang yang berusaha mengatasi kerontokan rambut dengan berbagai pengobatan maupun operasi.

Apa yang menjadi penyebab dari kerontokan rambut dan bagaimana cara mengatasi dan obat yang baik
digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut sebaiknya anda lakukan terlebih dahulu yaitu dengan cara berkonsultasi dengan dokter ahli.

Tanda - tanda Rambut Rontok
Kerontokan rambut terjadi bisa disebabkan beberapa faktor baik secara langsung maupun bertahap, ada yang sifatnya sementara dan ada juga yang sifatnya tetap, diantara gejalanya sebagai berikut :
1. Secara Bertahap Rambut Menipis
2. Terdapat bintik botak yang tidak merata
3. secara tiba - tiba rambut menjadi kendur
4. Kerontokan Rambut suluruh tubuh

Penyebab Kerontokan Rambut
kerontokan bisa terjadi dalam jumlah antara 50 sampai dengan 100 helai rambut pada setiap hari,
dan itu masih dikategorikan kerontkan yang bersifat normal. seiring bertambahnya usia kerontokan akan terjadi berdasarkan faktor kondisi medis maupun faktor hormonal maupun diakibatkan oleh mengkonsumsi obat - obatan.

Kita kategorikan penyebab kerontokan rambut kedalam 4 faktor, diantaranya sebagai berikut :
1. Faktor Hormonal

yaitu suatu faktor yang diakibatkan keturunan yang mengalami kebotakan, hal ini dapat dialami oleh laki - laki maupun perempuan. hormon seks tertentu secara genetik dapat memicu suatu kerontokan rambut secara permanen atau tetap. perubahan maupun keseimbangan dari hormon yang juga bisa menadi suatu faktor yang menyebabkan kerontokan rambut, seperti karena akibat melahirkan, kehamilan, berhenti dari konsumsi minum Pil KB ataupun akibat menopouse.

2. Kondisi Medis
diantara kondisi medis yang menjadi faktor penyebab kerontokan rambut diantaranya :
1. Alopecia areta
2. Infeksi Kulit kepala
3. Ganguan Kulit,
4. Masalah Tiroid

3. Konsumsi Obat, pengunaan dan konsumsi obat - obatan yang sering dan erlalu banyak  yang digunakan untuk mengobati :
kanker, arthritis, masalah jantung, maupun depresi dan tekanan darah tinggi menjadi faktor yang dominan menjadi penyebab kerontokan rambut.

4. Penyebab Lainnya
yang mengakibatkan kerontokan rambut juga bisa disebabkan oleh kondisi dibawah ini :
1. Emosional atau Kejutan Fisik
2. Tatanan Gaya Rambut, tatanan rambut yang sering berubah seperti di kuncir atau di cornrow dengan ditarik terlalu ketat dapat mengakibatkan kerontokan rambut.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

Paling Dilihat