Tips Menjaga Perawatan Kesehatan Gigi

Tips Menjaga Perawatan Kesehatan Gigi. Dengan memiliki gigi dan mulut yang sehat maka hal ini bisa membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Tetapi lebih dari itu, kondisi gigi dan mulut yang sehat membuat proses pencernaan lebih baik karena makanan yang masuk pada tubuh menjadi lebih halus berkat proses pengunyahan yang bagus oleh gigi dalam mulut. Untuk bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan maksimal. Gigi dan mulut adalah daerah yang cukup penting id dalam tubuh, gigi yang sehat akan membuat kita tidak was-was saat mengkonsumsi sesuatu. Gigi yang tidak sehat dan banyak lubang akan menyebabkan kita menjadi orang yang tidak percaya diri alias tidak pede, mengapa? Karena dari gigi yang berlubang itu akan menimbulkan bau mulut yang bisa tercium oleh lawan bicara kita.Karena itulah, organ gigi dan mulut yang sehat itu sangat penting dan harus selalu dijaga supaya tetap bersih dan sehat. Hal yang paling tidak disukai oleh manusia itu adalah sakit gigi. Bagi mereka yang tidak tahu cara menjaga kesehatan gigi, maka sakit gigi adalah penyakit terburuk yang pernah mereka rasakan. Penyakit ini adalah hal yang paling menakutkan karena tidak ada cara lain untuk menyembuhkan gigi yang sakit tersebut selain mencabut gigi tersebut.

Menurut World Health Organization (WHO), pada 2012 ada sekitar 60-90 persen penduduk sebuah negara yang mengalami gigi berlubang. Dan gigi berlubang adalah “investasi untuk penyakit-penyakit kronis,” jelas Dr. drg. Zaura Rini Anggraeni, MDS. Bagaimana menjaga gigi?


Untuk menjaga gigi dan mulut tetap sehat, beberapa hal – yang kadang terdengar remeh - perlu dilakukan. Berikut tips soal bagaimana merawat gigi Anda:
  1. Gosoklah gigi sekurang-kurangnya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Kapan waktu yang tepat untuk menggosok gigi? Setelah makan pagi dan sebelum tidur.
  2. Sikat gigi dengan baik dan benar, yaitu dengan menjangkau ke seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi.
  3. Sekali dalam seminggu, berkumurlah dengan obat kumur. Ini dapat membantu mencegah terjadinya plak dan karang gigi.
  4. Pilih sikat gigi yang mempunyai bulu sikat lembut.
  5. Berhati-hati dalam menggunakan pemutih gigi.
  6. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula seperti permen, atau makanan bertepung. Sisa-sisa makanan ini dapat melekat pada gigi.
  7. Konsumsi buah dan sayur yang dapat membersihkan gigi seperti apel, wortel, dan seledri.
  8. Batasi anggur merah, kopi, dan teh.
  9. Berhenti merokok.
  10. Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali secara rutin. (Bayu Maitra.
Demikian informasi Tips Menjaga Perawatan Kesehatan Gigi. Semoga beberapa penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk dapat mencegah dan mengetahui lebih jelas Perawatan Kesehatan Gigi, ikuti terus tips kesehatan dan kecantikan maupun lowongan kerja disini. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Paling Dilihat