Pentingnya Asupan Air Minum yang Cukup Sebelum melakukan Olah Raga

Pentingnya Asupan Air Minum yang Cukup Sebelum melakukan Olah Raga. Air adalah komponen utama dalam tubuh. Air berperan penting dalam pembentukan darah, cairan, lambung, hormon, enzim dan lainnya. Dalam sel otot otot, air berfungsi menjaga kekencangan untuk mampu berkontraksi. Tak hanya itu, saat berolahraga, air berfungsi menjaga suhu tubut tetap stabil. Apabila suhu tubuh meningkat, produksi keringat dan penguapan dari paru-paru serta permukaan kulit akan membantu mendinginkan tubuh.

Minum adalah salah satu kebutuhan paling vital bagi manusia. Tubuh kita terdiri dari 90% mengandung air. Fungsi air dalam tubuh adalah untuk proses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah, transportasi nutrisi, mengeluarkan sisa metabolisme dan mempertahankan suhu tubuh. Itulah mengapa manusia dapat lebih bertahan hidup jika tidak ada asupan makanan tetapi tidak apabila kekurangan air.

Dalam memenuhi kebutuhan akan air bagi tubuh Kita, pemilihan asupan air yang baik, dapat diterima tubuh dan tidak beresiko pada kesehatan adalah air putih. Walau demikian air putih yang diminum pun harus memenuhi aspek kesehatan, umumnya air terdiri dari H2O, tetapi tubuh juga membutuhkan air yang mengandung mineral (Nantrium, Kalium,  Klor) agar otot dapat bergerak. Berapapun air yang terbuang, harus segera diisi kembali.

Suhu tubuh normal manusia antara 36,1-37,2 derajat celcius. Suhu tubuh harus selalu dijaga agar proses metabolisme berlangsung baik. Saat berolahraga terjadi peningkatan kebutuhan energi untuk kerja otot rangka akibat pembakaran zat makanan sumber energi karbohidrat dan lemak. Peningkatan proses metabolisme energi ini lah yang menimbulkan suhu tubuh menjadi diatas normal. Ini mengapa Anda harus mengkonsumsi air sebagai asupan cairan baru. Namun, jika Anda mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan, maka wajib waspada mengalami gangguan kesehatan akibat panas atau heat illness.

Pentingnya Asupan Air Minum yang Cukup


Sumber Gambar : http://www.hd.co.id/

Selain menurunkan kinerja fisik, dehidrasi juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan akibat panas seperti kram otot, pingsan, kelelahan dan stroke.Menurutnya, banyak orang meremehkan dehidrasi dan tidak memperhatikan asupan air terutama saat aktif bergerak. Ia juga menjelaskan bahwa saat berolahraga, keringat banyak keluar sehingga tubuh mudah mengalami dehidrasi.

Penurunan laju keringat padahal tubuh masih aktif bergerakbisa meningkatkan suhu inti tubuh. Sedangkan penurunan suplai darah pasti akan menyebabkan penurunan kinerja jasmani.

Demikian informasi tentang Pentingnya Asupan Air Minum yang Cukup Sebelum melakukan Olah Raga. untuk informasi tentang Tips Kesehatan dan Kecantikan maupun Lowongan Kerja yang lain silahkan baca semua artikel kami disini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar

Paling Dilihat