Kebiasaan Buruk Dapat Membuat Kerusakan Kulit

Kebiasaan Buruk Dapat Membuat Kerusakan Kulit. Memiliki kulit lembab, bersih, dan bercahaya, tentunya menjadi impian semua orang khususnya kaum Hawa/Wanita. Namun, tidak semua orang terlahir dengan hormon kulit yang sempurna. Beberapa dari kita ada yang memiliki gen kulit berjerawat, flek hitam, dan masalah kulit lain.Di sisi lain, ada juga yang kulitnya bermasalah disebabkan karena jarang melakukan perawatan kulit.Berikut ini kebiasaan buruk yang mudah membuat kulit Anda rusak.

1. Hindari yang “Berlebihan”

Pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Misalnya, terlalu banyak mengkonsumsi gula, garam, kafein, dan minuman keras. Menurut Fredric Brandt, dermatolog di New York City, alkohol dapat membuat kulit dehidrasi sehingga jadi mudah kusam dan berjerawat.Jika Anda sering menghadiri pesta atau acara minum-minum, ada minuman yang wajib Anda hindari, yakni minuman manis yang dicampur (sugary mixer) dan makanan penutup."Makanan bergula dapat memecah kolagen dan elastin di kulit sehingga menyebabkan kulit kusam dan keriput dari waktu ke waktu," kata Brandt.


2. Exfoliator Berpasir

Peluruhan sel kulit mati tidak seharusnya menyakiti. Jika scrub membuat kulit tersengat atau merah dan berjerawat, sebaiknya hindari saja karena itu pertanda minyak alami pada kulit Anda ikut terangkat. Scrub berpasir (yang seringkali mengandung exfoliators alami kasar seperti kernel atau biji) memang dapat menyebabkan iritasi dan peradangan yang mengarah ke pori-pori tersumbat dan bahkan bintik-bintik coklat juga keriput.Gunakan exfoliator lembut dengan microbeads atau gula sekali atau dua kali dalam seminggu.

3. Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Wajah yang terlalu bersih ternyata tidak sehat juga, loh. Jika kulit Anda kering, hindari mencuci wajah terlalu sering. Cukup mencuci wajah dengan sabun wajah (berbasis minyak) di malam hari dan membasuhnya dengan air saja di pagi hari.  “Itu akan membantu kulit Anda tetap lembab. mempertahankan lebih dari minyak pelembab Anda sendiri," kata Ellen Marmur, dokter kulit di New York City.


4. Mengganggu Jerawat

Jangan terlalu sering memegang, menekan, atau bahkan memecahkan jerawat Anda. Cukup gunakan pembersih asam salisilat dengan bahan-bahan pelembab, seperti kedelai, di malam hari.Atau Anda bisa mencoba pembersih yang mengandung 2,5 persen benzoil peroksida.

5. Kurang Tidur

Kurang tidur dapat membuat kulit Anda kusam dan mengeluarkan garis-garis halus (khususnya di sekitar mata). "Kondisi ini dapat pulih jika Anda melakukannya sesekali, terutama jika usia Anda masih muda," kata Amy Wechsler, seorang dokter kulit di New York City.Jika Anda mengalami kesulitan tidur, hindari menonton televisi (sebagian orang menganggap menonton dapat membantunya tertidur). Melatonin adalah hormon yang membuat kita mengantuk dan mengatur ritme sirkadian kita. Phyllis Zee C, direktur Sleep Disorders Center di Northwestern Memorial Hospital di Chicago, mengatakan, jika tingkat melatonin drop dan ritme sirkadian Anda bermasalah, sel-sel kulit Anda tidak dapat membalik secara efisien sehingga menyebabkan lebih banyak keriput dan kusam dari waktu ke waktu.Akan lebih baik jika Anda memilih mandi air hangat sebelum tidur, itu jauh lebih baik untuk mendorong Anda tidur.

6. Tidak Tidur dengan Cerdas

Mungkin bagi Anda, tidur cukup hanya dengan memejamkan mata. Tapi ternyata, tidur pun harus cerdas, loh. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah sarung bantal.
Pada sarung bantal terdapat banyak minyak, sel kulit mati, bakteri, dan krim malam yang berasal dari wajah Anda.Jadi, usahakan untuk mengganti sarung bantal Anda setidaknya sekali seminggu. Dan jika Anda tidur dalam ruang yang berpendingin, sebaiknya Anda sering minum air putih agar kulit Anda tidak kering dan keriput.

7. Tabir Surya

Mengolesi seluruh wajah dengan tabir surya (SPF) sangatlah baik, tetapi jangan lupa untuk mengoleskannya ke seluruh bagian wajah dengan baik. "Sering terjadi epidemi kanker kulit di sepanjang garis rambut, rahang, dan telinga," kata Dennis Gross, seorang dokter kulit di New York City. Oleskan tabir surya spektrum luas (SPF 30 atau lebih tinggi) di seluruh wajah yang mudah terkena sinar matahari dari atas hingga ke bagian leher bawah.


8. Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah

Mencuci wajah sebelum tidur dengan tisu basah dapat menyebabkan kulit wajah Anda sakit atau perih. Tidak hanya itu, ternyata prosedur itu juga membuat wajah tidak bersih sempurna. Sisa kotoran justru membuat kulit menjadi mudah berjerawat dan rusak. Jadi, ada baiknya Anda membersihkan wajah dengan sabun pembersih.

9. Cek Bintik Hitam (mole)

Cek setiap bagian tubuh Anda, adakah bintik hitam (mole) yang tiba-tiba di sana. "Perhatikan setiap sudut atau celah yang jarang terlihat,” kata Patricia Wexler, ahli dermatologi di New York City.Kadang, bintik hitam itu timbul sebagai pertanda masalah kulit.

10. Merokok

Sebaiknya, tidak hanya demi kulit wajah tetap sehat saja Anda berhenti merokok, tapi juga demi kesehatan tubuh Anda juga. Merokok dapat memecah serat elastis kulit (yang membuat kulit perokok tampak kuning). “Selain itu, juga bertanggungjawab atas kemogokan kolagen (menyebabkan keriput),” kata Francesca Fusco, seorang dokter kulit.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Paling Dilihat