Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Sehat

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Sehat. Tentunya anda telah mengetahui, bahwa untuk mendapatkan kesehatan gigi dan mulut yang baik, anda harus menjaga kesehatan mulut secara rutin. Hal paling sederhana yang akan anda lakukan, tentunya adalah menyikat gigi dua kali sehari, serta menggunakan dental floss.Namun tahukah anda, bahwa ternyata terdapat beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anda. Berikut adalah 5 hal yang harus anda perhatikan untuk mendapatkan gigi yang lebih sehat.

http://tipkesloker.blogspot.com
Sumber Gambar : formulaoralcare.com
Gigi dapat menjadi tanda kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Selain itu gigi yang kuat juga dapat membantu Anda untuk mengonsumsi makanan dengan baik yang akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Gigi busuk, gusi berdarah, dan karang gigi adalah tanda-tanda dari kesehatan gigi dan mulut yang tidak maksimal. Apakah Anda mempunyai kesehatan gigi dan mulut yang baik? Cek kesehatan gigi dan mulut Anda dengan indikator berikut.

Gigi putih, Gigi yang putih tidak hanya membuat senyuman Anda terlihat indah dan menawan. Namun gigi putih juga menandakan bahwa tidak ada lapisan kotoran yang menempel di gigi Anda. Untuk mendapatkan gigi yang putih, Anda harus menyikat gigi secara rutin setidaknya 2 kali sehari.

Gusi merah muda, Warna gusi yang merah muda menunjukkan bahwa ada aliran darah yang cukup di gusi Anda. Gusi yang sehat juga bermanfaat untuk menahan gigi agar tetap di tempatnya. Oleh karena itu Anda juga harus berhari-hati terhadap setiap pendarahan yang terjadi di gusi Anda.

Lidah lembap, Lidah lembap dan tidak kering menunjukkan bahwa lidah Anda sehat. Lidah yang lembap juga membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang mampu membuat gigi menjadi busuk. Anda pun dapat menjaga kebersihan lidah dengan selalu menyikat lidah sesaat setelah menggosok gigi.

Tidak ada gigi berlubang, Lubang yang terletak di gigi dapat merusak kesehatan gigi Anda. Sebab lubang tersebut menjadi tempat kuman bersembunyi hingga kemudian bertumbuh.

Dapat mengunyah dengan baik, Jika Anda dapat mengunyah dengan baik, maka itu menandakan gigi Anda kuat. Selain itu ketika Anda tidak merasakan ngilu saat mengonsumsi makanan yang dingin, hal itu juga menandakan bahwa gigi Anda bukanlah gigi sensitif.

Sumber : Merdeka .com

Tips Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Kesehatan gigi dan mulut dapat Anda tingkatkan mulai dengan cara yang sederhana seperti rutin menggosok gigi, menyikat lidah, dan berkumur dengan mouthwash. Selain itu jangan lupa untuk selalu memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali.

1. Gunakan sikat gigi yang baik

Pilihlah sikat gigi yang berbulu lembut. Hal ini akan membuat gigi tetap dalam kondisi baik, dan mencegah terlukanya gusi.

2. Pilihlah makanan anda

Berhati-hatilah dengan apa yang anda makan. Cokelat, sering merokok, soda, makanan dengan kandungan gula yang banyak, dan kopi harus diminimalkan. Karena makanan inilah yang meningkatkan resiko karies.

3. Mengunyah permen karet

Ini merupakan aktivitas yang baik untuk menstimulasi produksi air liur, yang berguna untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut anda. Pilihlah permen karet yang tidak mengandung gula.

4. Vitamin C

Vitamin C diketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan gusi dan mencegah bau mulut.

5. Kunjungi dokter gigi

Banyak orang hanya mengunjungi dokter gigi ketika mereka merasa ada masalah dengan gigi dan gusi mereka. Akan tetapi, hal yang terpenting adalah pemeriksaan secara berkala, sehingga timbulnya masalah tersebut dapat dicegah. Biasakan untuk berkunjung ke dokter gigi 2x dalam setahun.

Drg. Joshua Calvin

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Paling Dilihat